Pengembangan Pendidikan IPS di masyarakat
Jadi pengembangan pendidikan ips di masyarakat ini sudah sangat baik, namun masyarakat ini belum semua mempelajari pendidikan IPS, yang berarti masyarakat belum sama sekali mengetahui apa itu pendidikan ips? Apa itu ilmu pengetahuan sosial? Sedangkan yang kita ketahui bahwa pendidikan ips ini sangat penting sekali bagi kita, sangat penting sekali bagi warga negara indonesia, apa lagi pendidikan ips di sekolah-sekolah SD, SMP, SMA, dan sampai Perguruan Tinggi Negeri.
Dari sebuah judul saja kita sudah tau bahwa pengembangan pendidikan ips di masyarakat ini sangat baik yang berarti kita mempelajari suatu fenomena-fenomana yang ada di sekitar kita bukan fenomena sajah, melainkan situasi sosial, atau yang kita kenal dengan sebutan Social Studies. Jadi pengembangan pendidikan ips di masuarakat ini sangat penting bagi kita, karna masyarakat juga mampu melihat situasi sosial di sekitarnya, dan mamsyakarat juga mampu mencatat fenomena-fenomena apa yang di sekitarnya. Dan masyarakat mampu mempelajari pendidikan IPS seperti: sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi, politik dan pemerintahan. Agar masyarakat mampu memahaminya.
Jadi pada abad ke 20 mulai terjadinya perkembangan pesat pada berbagai bidang kehidupan, seperti timbulnya ledakan penduduk, ledakan ilmu pengetahuan, dan ledakan teknologi. Hal tersebut menimbulkan berbagai maslah di dalam masyarakat seperti:
Permasalahan yang menyangkut pengorganisasian antara lain di bidang pemerintahan, perundang-undangan, pendidikan, penyediaan keperluan hidup, kesehatan, dan kesejahteraan.
Ketegangan-ketegangan di dalam masyarakat baik dalam arti piksis maupun fisik (misalnya keseimbangan lingkungan, polusi, dan masalah lalu lintas).
Masalah pertentangan dan kekaburan nilai. Akibat dari hal-hal yang tersebut terjadi gejala kehilangan pandangan menyeluruh, timbulnya spesialisasi yang makin intensif di bidang ilmu pengetahuan, misalanya mengakibatkan ketidakpastian diri, terampas rasa identitas individu, kehilangan nilai-nilai sosial dan tujuan etis.
Setiap orang lahir, tidak terpisah dari manusia lain, khususnya dari orang tua dan lebih khususnya lagi dari ibu yang melahirkannya. Sejak saat itu si bayi telah melakukan hubungan dengan orang lain, terutama dengan ibunya dan dengan anggota keluarga lainnya. Meskipun masih sepihak, artinya dari orang-orang lebih tua terhadap dirinya hubungan sosial itu telah terjadi. Tanpa hubungan sosial dan bantuan dari anggota keluarga lain, terutama si ibu dan bayinya, tidak akan bisa berkembang menjadi manusia dewasa.
Jadi kita bisa menyimpulkan bahwa pendidikan ips ini ilmu yang mempelajari tentang manusia serta mempolakan sejauh mana manusia itu berhubungan dengan orang lain dalam suatu kelompok. Pendidikan IPS di masyarakat ini adalah mempelajari tentang interaksi manusia dengan manusia, kelompok dengan kelompok, maupun kelompok dengan individu. Di liat dari suatu kata sajah pendidikan IPS (ilmu pengetahuan sosial) ini merupakan mempelajari sosial-sosial yang ada di masyarakat, diamana masyarakat bersosialisasi dengan masyarakat, berinteraksi dengan masyarakat, mempelajari tindakan-tindakan sosial serta perilaku.
Pengembangan pendidikan ips di masyarakat ini sangat baik, karena ini merupakan disiplin ilmu yang berarti sangat penting bagi masyarakat kita yang ilmu pengetahuan sosial nya kurang.
Jadi pengembangan pendidikan ips di masyarakat ini sudah sangat baik, namun masyarakat ini belum semua mempelajari pendidikan IPS, yang berarti masyarakat belum sama sekali mengetahui apa itu pendidikan ips? Apa itu ilmu pengetahuan sosial? Sedangkan yang kita ketahui bahwa pendidikan ips ini sangat penting sekali bagi kita, sangat penting sekali bagi warga negara indonesia, apa lagi pendidikan ips di sekolah-sekolah SD, SMP, SMA, dan sampai Perguruan Tinggi Negeri.
Dari sebuah judul saja kita sudah tau bahwa pengembangan pendidikan ips di masyarakat ini sangat baik yang berarti kita mempelajari suatu fenomena-fenomana yang ada di sekitar kita bukan fenomena sajah, melainkan situasi sosial, atau yang kita kenal dengan sebutan Social Studies. Jadi pengembangan pendidikan ips di masuarakat ini sangat penting bagi kita, karna masyarakat juga mampu melihat situasi sosial di sekitarnya, dan mamsyakarat juga mampu mencatat fenomena-fenomena apa yang di sekitarnya. Dan masyarakat mampu mempelajari pendidikan IPS seperti: sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi, politik dan pemerintahan. Agar masyarakat mampu memahaminya.
Jadi pada abad ke 20 mulai terjadinya perkembangan pesat pada berbagai bidang kehidupan, seperti timbulnya ledakan penduduk, ledakan ilmu pengetahuan, dan ledakan teknologi. Hal tersebut menimbulkan berbagai maslah di dalam masyarakat seperti:
Permasalahan yang menyangkut pengorganisasian antara lain di bidang pemerintahan, perundang-undangan, pendidikan, penyediaan keperluan hidup, kesehatan, dan kesejahteraan.
Ketegangan-ketegangan di dalam masyarakat baik dalam arti piksis maupun fisik (misalnya keseimbangan lingkungan, polusi, dan masalah lalu lintas).
Masalah pertentangan dan kekaburan nilai. Akibat dari hal-hal yang tersebut terjadi gejala kehilangan pandangan menyeluruh, timbulnya spesialisasi yang makin intensif di bidang ilmu pengetahuan, misalanya mengakibatkan ketidakpastian diri, terampas rasa identitas individu, kehilangan nilai-nilai sosial dan tujuan etis.
Setiap orang lahir, tidak terpisah dari manusia lain, khususnya dari orang tua dan lebih khususnya lagi dari ibu yang melahirkannya. Sejak saat itu si bayi telah melakukan hubungan dengan orang lain, terutama dengan ibunya dan dengan anggota keluarga lainnya. Meskipun masih sepihak, artinya dari orang-orang lebih tua terhadap dirinya hubungan sosial itu telah terjadi. Tanpa hubungan sosial dan bantuan dari anggota keluarga lain, terutama si ibu dan bayinya, tidak akan bisa berkembang menjadi manusia dewasa.
Jadi kita bisa menyimpulkan bahwa pendidikan ips ini ilmu yang mempelajari tentang manusia serta mempolakan sejauh mana manusia itu berhubungan dengan orang lain dalam suatu kelompok. Pendidikan IPS di masyarakat ini adalah mempelajari tentang interaksi manusia dengan manusia, kelompok dengan kelompok, maupun kelompok dengan individu. Di liat dari suatu kata sajah pendidikan IPS (ilmu pengetahuan sosial) ini merupakan mempelajari sosial-sosial yang ada di masyarakat, diamana masyarakat bersosialisasi dengan masyarakat, berinteraksi dengan masyarakat, mempelajari tindakan-tindakan sosial serta perilaku.
Pengembangan pendidikan ips di masyarakat ini sangat baik, karena ini merupakan disiplin ilmu yang berarti sangat penting bagi masyarakat kita yang ilmu pengetahuan sosial nya kurang.
Komentar
Posting Komentar